-->

Resep Membuat Jadah Bakar Gurih dan Kenyal


Resep Membuat Jadah Bakar - Jadah merupakan salah satu makanan yang cukup familiar di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Makanan ini terbuat dari bahan utama beras ketan kukus yang dicampur dengan aneka bahan lainnya. Rasanya enak, gurih, dan kenyal. Makanan ini biasanya dibuat untuk acara-acara tertentu, seperti pernikahan, dan lain-lain. Namun, tak jarang juga orang membuatnya untuk dijajakan di pasar tradisional.



Sebenarnya tanpa dibakar pun jadah sudah terasa sangat nikmat. Jadah ini biasanya dinikmati bersama tempe maupun tahu bacem sambil bersantai. Selain dibakar, jadah juga bisa diolah dengan cara digoreng. Rasanya sangat nikmat. Nah bagi anda yang tertarik dengan makanan ini, anda bisa membuatnya di rumah dengan menerapkan resep yang akan kita bahas berikut.

Resep Membuat Jadah Bakar

  • Bahan yang digunakan:
  • 400 gr beras ketan
  • 200 gr kelapa parut
  • 1 sdt garam
  • 75 ml air panas

Cara membuat jadah bakar:

  1. Rendam beras ketan selama 2 jam. Cuci dengan air hingga bersih. Tiriskan.
  2. Kukus beras ketan hingga setengah matang. Angkat dan pindahkan pada wadah lain.
  3. Tambahkan air panas. Aduk rata. Tunggu hingga air meresap.
  4. Masukan kelapa parut dan garam. Aduk kembali hingga tercampur rata.
  5. Masukan beras ketan ke dalam kukusan. Kukus hingga matang. Angkat.
  6. Taruh beras ketan pada wadah. Kemudian tumbuk hingga halus dan padat. Tunggu hingga dingin.
  7. Potong-potong jadah sesuai selera.
  8. Bakar di atas bara api tanpa menambahkan bumbu. Bolak balik agar jadah matang secara merata. Bakar hingga permukaan jadah agak berwarna kecoklatan. Angkat.
  9. Jadah bakar siap untuk dinikmati.

Sekarang anda sudah tahu kan Resep Membuat Jadah Bakar? Apakah anda tertarik untuk membuatnya di rumah? Bagi anda yang tertarik untuk membuat jadah goreng, anda bisa menerapkan resep di atas, namun mengganti proses membakar dengan cara menggoreng. Semoga resep yang telah kita bahas di atas dapat bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba, semoga berhasil!


Resep Tata lainnya:

loading...
Disqus Comments