-->

Filosofi Hitam Putih Foto Ku (Part 1)

Hitam Putih - Arta Yosanti

Arta Yosanti
- Filosofi Hitam Putih ini saya kutip dari Kompasiana karna menurut saya sangat bagus dan layak dibaca oleh kita semua. 

Anda Tidak Bisa Memilih Hitam atau Putih karena Keduanya Selalu Bercampur. Sebuah ungkapan klasik sering terpapar "hidup tidak sesederhana hitam dan putih." .


Ya, sangat benar ungkapan ini. Karena hidup memang tidak sesederhana hitam dan putih saja. Apalagi bagi kita yang sejak dari kandungan telah menghirup nafas kebudayaan yang mempunyai pandangan yang kompleks mengenai kehidupan. .

Bahwa hidup itu penuh warna, penuh rasa, penuh kesan, penuh tanya, penuh misteri yang selalu memberi ruang terbuka bagi aneka interpretasi yang tidak pernah final dengan titik hitam atau putih


Akan tetapi, hitam dan putih, terang dan gelap, Yin dan Yang, baik dan jahat adalah warna dasar kehidupan. Sebagai dasar, hitam-putih melahirkan warna-warna lain. Karena hitam dan putih mewakili kenyataan-kenyataan hidup yang kontradiktif dan unpredictable.


Jangan pernah melihat kenyataan hidup dari hitam atau putih, terang atau gelap, baik atau jahat saja sebagai dua kutub atau kekuatan yang dipertentangkan tetapi pandanglah keduanya sebagai sebuah harmoni yang menjadi abu-abu karena memang kehidupan manusia tidak sesederhana hitam vs putih, tetapi abu-abu. Jika kegelapan mulai melingkupi hidupmu, yakinlah selalu bahwasetelah mendung pasti akan hujan, dan matahari akan kembali bersinar cerah dalam hidupmu.


Alam telah mengajari kita banyak hal sebagai buku yang terbuka untuk melihat dan memaknai hidup tidak sebatas hitam atau putih. "Diantara Hitam dan Putih selalu terselip Abu-abu

Yang Tak tertebak" (Kompasiana / Ahmad Syahfrizal)

loading...
Disqus Comments